Selasa, 10 Februari 2015

Once Upon A Time In Jail


Loe tau ngga kenapa di bagian atas blog ini gue tulis ‘tiap tempat adalah sekolah... .?’ Karena selain gue seneng, gue juga yakin sama kebenarannya.  Bahkan di tempat yang dianggap paling ‘najis’-pun tiap orang bisa mempelajari sesuatu.  Tapi tunggu,..apa yang ada di kepala loe soal tempat paling najis ? Hahaha,...terserah menurut loe deh.  Tapi buat gue sih WC alias toilet tuh tempat paling najis.  Karena biar didandanin sekeren apapun, wc tetap wc.  Ngga bakal loe pake buat makan, meeting,   ujian kenaikan pangkat, atau  tempat dimana loe jatuh cinta pada pandangan pertama...hahaha.

Gue inget salah satu orang Jepang yang kalo ngasih perumpamaan, doyan banget nyerempet-nyerempet ke wc.  Kalo kita makan terus tapi ngga berak-berak, itu kan ngga sehat.  Jadi kalo ada yang masuk, dia juga harus keluar..”

Padahal si-Jepang ngasih ilustrasi jorok tersebut untuk ngasih tau, kalo kita produksi terus tapi ngga export-export, kan perusahaan ngga sehat.  Lucu, tapi bener kan ? Emang perumpamaan soal berak idenya dari mana sih kalo bukan dari wc,-dari ritual buang hajat ? Salah satu tempat paling najis yang ngga mungkin dihindarin orang.

-----------------0000-------------


Konon, salah satu penulis produktif Indonesia yang namanya Arswendo Atmowiloto, beberapa tulisan kerennya justru diproduksi waktu doski dijeblosin dan semedi di penjara.  Malah masih banyak orang hebat yang tambah hebat sekeluarnya dari penjara.

mungkinkah sesuatu yang baik berasal dari sesuatu yang buruk ?’

Hehehe,...sejarah banyak mbuktiin koq.  Tuh si Nelson Mandela, salah satunya.

Mmhhh,...penjara,  tempat keramat yang cuma ‘diketahui’ sedikit orang.  Yah sebenarnya sih yang tau banyak, tapi taunya dari media cetak, elektronik, ato dari mulut ke mulut.  Cuma segelintir orang doang yang pernah, dan sudi nginjek penjara.  Kalo bukan si-terpenjara, palingan keluarga deket, temen deket, ato komunitas rohani.  Yang lain, dengan berbagai alasan, sebisa mungkin menghindar dari yang namanya penjara.  Dari yang pernah gue denger sih:

ntar dikirain gue keluarganya penjahat’

takut ketularan virus kejahatan

Ato ngga juga gitu sih, soalnya kebanyakan keluarga yang salah satu anggotanya mendekam di penjara, sering merahasiakannya.

(cuman anehnya, walau banyak juga keluarga deket lain yang tau sudaranya di penjara, malah lebih doyan ngegosipin dan menimbang-nimbang dosa-dosanya ketimbang mbesuk. Temen-temen yang waktu si terpenjara banyak duit selalu setor muka ke rumahnya, berubah jadi mahluk super sibuk yang sebisa mungkin dicoret dari daftar temen....hehehe)   

Beberapa waktu lalu, ketika pertama kali nginjek penjara lantaran salah satu anggota keluarga gue mendekam di sono, di ruang tunggu gue denger salah satu ibu yang anaknya di penjara nyeletuk:

Kalo saya terlambat sedikit, dia marah.  Terus dia selalu minta dibawain makanan yang enak-enak.  Saya bilang ke dia, eh, kamu di penjara enak, cuma duduk, tidur, makan.  Tapi mama harus cari uang, nganter adik kamu ke sekolah, masak buat nganterin ke kamu.  Ngerti sedikit dong.  Tapi saya langsung diem dan sedih waktu dia bilang kalo ngga ada makanan paling enak selain makan dalam alam kebebasan, dan tidak di bawah bayang-bayang cap sebagai kriminal

Gue senyum miris.  Dan beberapa kali mbesuk keluarga di sono, gue dapet sebuah pelajaran yang sebenarnya udah pernah gue denger:  ngga semua orang di penjara itu jahat dan bersalah, yang artinya juga: belom tentu orang di luar penjara itu baik dan benar.  Malah justru lebih sering kebalikannya.

And satu juga yang gue pelajarin (dari film-film): jangan loe kira mereka yang jago masukin orang ke penjara itu bener.  Karena malah merekalah justru penjahat sebenarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar