Jumat, 19 September 2014

Why apple ? why not kedondong or rambutan ?



Waktu mbuka internet, gue disuguhin salah satu berita yang anget dan masih mengepulkan uap.  Yup,..berita soal antrian orang yang udah berhari-hari buat mbeli penjualan perdana Iphone 6 dan Iphone 6 plus yang dengan kurs dollar 11750, dibandrol antara 7 – 12 juta Rupiah (wuih,..entu kalo di beliin Bobara bakar rica, berapa banyak ya.....?)

Buat gue sich beritanya biasa aja, ngga pake telor.  Cuman yang mbikin gue ‘gemes’ adalah (lagi-lagi) tampilan icon buah yang somplak dikit di gigit orang.  Apalagi kalo bukan icon buah apel yang kalo kita tunjukin ke anak SD kelas 5 di Jakarta, Bandung ato Surabaya,  mereka bakal paham icon tersebut nggambarin apa.

Dan kalo kita tanya ke anak SMP kelas 1 (ya anggaplah di Bitung, kota tempat tinggal gue yang di sudut huruf ‘k’ pulau Sulawesi), gue percaya kalo 25% dari mereka tahu kalo gambar apel tersebut bukan apel dari Indonesia.  Malah gue yakin kalo 80%-nya belom tahu bahwa ada satu daerah di Indonesia bernama Malang, tapi  justru beruntung sebagai  penghasil buah apel terbesar.

Sebagai anak Indonesia, gue punya kerinduan kalo suatu saat kelak, ada satu buah asli Indonesia kayak rambutan, pepaya, ato kedondong yang jadi icon tersohor ke seluruh dunia.  Supaya kalo ada anak SMU Amrik ngeliat untuk pertama kali dan nanya : “Buah apaan sich nich ?”
Dan dengan bangganya kita njawab: “ Itu kedondong man, you know kedondong ? Buah eksotis yang asem, licin di luar, tapi berduri di dalem”

Bukan apa-apa, soalnya kalo gue mbaca koran daerah, sering banget nampilin icon binatang jorok bernama tikus, buat nggambarin geliat para koruptor.  OmG, kasian juga tuh si –tikus, ngga doyan duit tapi digambarin sebagai pecinta uang kelas kakap.  Hehehe,....baru bikin icon aja kita udah ngga cocok ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar