Kamis, 11 September 2014

GUE MASIH TAKUT NANGGUNG RESIKONYA



Di Jalanan Girian, Bitung, pada pagi ke 10 bulan September ’14

Abis nganterin cewek sulung gue ke sekolah, gue balik ke rumah buat siap ke pabrik.  Jalanan extra padat sama motor dan mobil.  Polisi-polisi masih rame di ujung-ujung lorong dan perempatan.  Mikrolet silih berganti memuat penumpang.  Sopir mobil-mobil pribadi nyetir majang muka tegang lantaran harus extra hati-hati dan tertatih-tatih supaya ngga nyenggol ratusan motor yang mengepung dari segala arah.  Tapi beberapa penumpang di sampingnya santai sambil nelpon dan ketawa ketiwi seolah ngga pusing kekuatiran sopir yang mungkin bapak, ato suaminya sendiri.

Di pinggir jalan masih ada beberapa tukang sapu jalan yang ngerampungin tugas sisanya berseragam fluoresence yang bisa memantulkan cahaya kalo di sorot lampu, supaya bisa keliatan jelas dari jauh.  Di sebuah bangunan baru ada bebarapa tukang yang mulai merangkak naikin tangga yang di susun dari ikatan-ikatan bambu.  Gue tetap ngarahin laju motor gue ngga lebih dari 20 km/jam lantaran jalan cukup padat.  Untuk sesaaat gue keinget ajakan temen gue buat ninggalin kerjaan gue yang sekarang buat membangun kerajaan kecil gue sendiri.  Sebuah pabrik baru yang sama dengan yang selama ini gue kerjain, tapi punya abos gue, sang owner.

Ngamatin kegiatan pagi itu di Girian, gue sadar banget bahwa kita semua di jalanan itu punya resiko.  Tanpa resiko, kita ngga bakal menuai apapun.  Wong Inggris bilang No Risk, No Gain.  Tukang ojek dan sopir mikro yang ngga mau capek bangun pagi dan takut tabrakan, ngga bakal dapet rejeki yang diinginkan.  Tukang sapu yang ngga mau beresiko keringetan dan menghirup abu jalanan ngga bakal nerima upah buat mbyarin sekolah anaknya. 

Sedangkan gue, entah sampe kapan bisa memenuhin keinginan untuk punya yacht dan nginep sebulan bareng keluarga di pantai Flores, kepulauan Bahama, Karibia, atau Copacabana kalo cuma nungguin gaji tiap bulan yang sekian persennya harus dipangkas cicilan rumah, credit card, asuransi, listrik, TV kabel, PAM, biaya pulsa, dan beberapa lainnya karena sampe sekarang belom berani ngambil resiko ninggalin kerjaan gue buat membangun kerajaan kecil.  Padahal salah satu temen gue yakin gue bisa ngelakoninnya.

Mmmhhh,..gue sendiri masih bingung buat ngambil keputusan dan menanggung resikonya.  Next mungkin....   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar