Rabu, 15 Oktober 2014

Anas, Malaranggeng and friends, Detail Korupsi Era Baru, dan Mesin Amano



Kalo ngga paham topiknya, sebaiknya ngga usah nulis

Setidaknya gue masih berusaha megang pakem tersebut.  Karena gue emang ngga paham detail-detail korupsi.  Dan walaupun bukan ‘anti’ Anas, tapi gue juga  ngga mengidolakan Anas.  Kalo Andi Malaranggeng sich gue masih.


Cuman secara pribadi gue tetap sepakat sama niat serius bangsa kita buat memberantas korupsi sampe ke akar-akarnya.  Karena emang korupsilah salah satu penyakit kronis yang kerap menghambat geliat bangsa kita menuju tangga kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mungkin banyak orang yang masih inget sama statement terkenal yang pernah diucapkan seorang Anas Urbaningrum ketika doski belom dibidik sniper KPK: 

Gantung Anas di Monas kalau terbukti korupsi uang negara Rp.1 saja

Tiap orang yang ndenger statement tersebut bisa mengapresiasi macam-macam.  Karena kan bisa aja ucapan tersebut cuma ‘permainan kata-kata’ yang tujuannya memanipulasi persepsi orang kalo sang penutur kalimat tersebut sungguh-sungguh ngga melakukan.  Tapi bisa juga justru sebaliknya: ia memang dengan penuh kesadaran dan keyakinan tidak melakukan perbuatan tersebut-setidaknya menurut perspectifnya.

Gue kasih sebuah per-misal-an.  

Selama 1 tahun gue berangkat ke tempat kerja dengan membonceng motor temen.  Dan selama itu juga gue liat temen gue ngga pernah nyalain lampu motornya pada waktu siang hari.  Bahkan ketika ada sweeping Polantas.  Dia selalu lolos dari sweeping.

Pas dapet rejeki, gue beli motor sendiri, dan mengendarainya ke tempat kerja.  Tanpa menyalakan lampu di siang hari.

Suatu ketika, gue ditilang polantas dengan alasan ngga nyalain lampu di siang hari.  Di posisi itu, gue yakin dong kalo gue ngga melakukan kesalahan.  Lah gue ngga pernah dikasih tau kalo ada aturan baru tentang nyalain lampu di siang hari, bahkan waktu gue ngambil SIM.  Jangankan dikasih tau, dengung sosialisasi  aja belom pernah.  Kesimpulannya: gue didakwa bersalah atas sesuatu yang ngga pernah gue tahu sebagai sebuah kesalahan.  Ngga aneh dong kalo gue ngomong: 

Gue salah apa ?”

Kira-kira, sama ngga sama statement Anas yang walau kedengerannya arogan ?
Makanya di awal tulisan gue bilang kalo gue sama sekali ngga paham sama detail korupsi era baru.

Ok,...ok.  anggaplah sosialisasi detail korupsi era baru udah dilakonin, dan udah memasyarakat.  Tapi yang jadi pertanyaan: kalo seseorang harus didakwa detail korupsi era baru yang di maklumatkan tahun 2009, tapi dia ngelakonin perbuatannya pada tahun 2007, apakah pendakwaan tersebut masih wajar ?  Masih dalam koridor kebenaran ? Loe pikir sendiri deh.

Kalo kita perhatiin, kan setelah detail korupsi era baru di dengungkan, banyak banget pejabat dan orang terhormat yang dengan kebingungan yang amat sangat akhirnya harus ‘rela’ mendekam di penjara  karena ngga ‘nyalain’ lampu waktu siang hari.

Gue suka korupsi diberantas.  Gue suka KPK.  Cuman yang jadi pertanyaan:  apakah prosesnya udah bener ?

Di tempat kerja gue, untuk masuk dan keluar kerja pake kartu yang dicolokin ke mesin check clock yang namanya Amano.  Masalanya, lantaran sering banget mati listrik, Amano-nya jadi sering terlambat.  Kadang-kadang total terlambatnya sampe 15 menit.  Nah kalo pengawas mesin Amano ngikutin mentah-mentah putaran waktu Amano, berarti ada banyak banget karyawan yang kena sangsi lantaran udah keluar istirahat ato pulang sebelom lonceng tanda keluar dibunyiin.  Masa PLN yang emang udah gila mau ikut disalahin lagi....hehehe...

Selain itu, detail-detail korupsi yang belom memasyarakat, juga berpotensi korupsi berupa pemerasan oleh pihak kepolisian yang justru memanfaatkan ketidak tahuan orang awam.  Hehehe,...ngga sedikit koq kejadian beginian terjadi.

Korupsi emang harus diberantas.  Tapi caranya juga harus bener.  Jangan sampe kita berniat melakukan hal baik dengan cara-cara yang tidak baik.  Itu mah sama aja nasehatin  salah satu pasangan selingkuh dengan menyelingkuhinya.  Heheheh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar