Senin, 08 September 2014

AMBILAH KEPUTUSAN YANG BENAR MR. JOKOWI



Manembo-nembo, Bitung 04 September 2014

Waktu berangkat kerja tadi pagi, motor gue pas di belakang truk gede dan panjang yang nutup seluruh jalan.  Ya sebenarnya sich jalanannya lumayan gede, cuman bapak Polisi bikin pemisah untuk dua jalur, makanya keberadaan tuh truk ngga lagi nyisain celah di kiri ato kanan yang memungkinkan motor bisa nyelip.  Bersabar ngekor di belakang truk jadi keterpaksaan yang manis.  Hehe...

Pas pemisah jalur udah lewat, berarti ada celah di kanan truk yang bisa dilewatin motor.  Itupun kalo mobil dari depan sedikit, ato cuma mobil-mobil kecil yang lewat.  Makanya gue sama beberapa biji pengendara motor nunggu saat yang tepat buat nyalip dari kanan truk.  Tapi ada juga beberapa  yang memutuskan buat nerobos.

Waktu gue nunggu saat yang tepat dan aman buat nyalip, tiba-tiba dari belakang gue melintas dua bayangan motor yang melesat cepat.  Yang satu walau untuk sekian detik ampir bertumbukan sama truk lain yg melaju dari arah depan, tapi timingnya masih pas.  Cuman yang satu bener-bener nyalip di waktu yang salah, karena walau dia berhasil lolos karena ‘kemurahan hati’ sopir truk yang terpaksa ngerem untuk menghindari sebuah tragedi di pagi hari, setidaknya dia dapet caci maki dan sumpah serapah.

Gue nahan napas sambil berharap tu pengendara motor baik-baik aja waktu liat dia nerobos tanpa perhitungan.  Huufhh,...syukur, gue ngga harus ngeliat kecelakaan tragis yang banyak terjadi di jalanan.

Di setiap episode hidup yang kita jalanin, ngambil keputusan adalah bagian penting yang seringkali hasilnya bukan cuma kita aja yang ngerasain, tapi juga banyak orang.  Contoh sederhananya adalah keputusan salah yang diambil pengendara motor yang maksa nyalip sampe dapet caci maki dan sumpah serapah sopir truk tadi.  Mungkin dia terpaksa ngebut gila-gilaan dan nyalip truk lantaran udah terlambat ke kantor.  Tapi anggaplah dia terlambat 10 menit, kan setidaknya dia masih sehat walafiat.  Coba kalo dia ngga pernah sampe ke tempat kerjanya lantaran kelindes truk container.  Apa 10 menit jadi berarti ?  Persoalannya dia udah salah ngambil keputusan dari awal, yakni waktu dia memutuskan jam keberangkatannya ke tempat kerja, sampe akhirnya dia harus ngebut dan mengambil keputusan nekat tadi.

Ketika kita mendengar kisah tentang orang, ato sekelompok orang yang salah ngambil keputusan, mungkin kita suka mencibir ato melecehkan, padahal kita sama sekali ngga tau gimana persoalannya, ato berada di posisi si-pengambil keputusan.  Membuat keputusan bukanlah persoalan gampang coy.  Karena ngambil keputusan bukan cuma melibatkan waktu, kebaikan dan kebenaran, pengetahuan,  perhitungan/pertimbangan, tapi juga dampak yang bakal diakibatkan dengan berani dan keteguhan hati.

Liat aja dampak yang diakibatkan keputusan yang diambil tokoh-tokoh dalam sejarah untuk memulai konflik dan perang.  50 juta jiwa lebih tewas sejak genderang konflik dan perang di tabuh dari jaman Jenghis Khan sampe Adolf Hitler, dengan berbagai alasan yang kalo kita cermatin di jaman ini justru kliatan sebagai sebuah kekonyolan.  Dilain pihak dunia juga tahu dampak keputusan yang dilakukan Mahatma Gandhi, Marthin Luther King, Jr, Mother Theresa.

Torang,..ups,..maksudnya kita baru aja milih Presiden yang baru untuk negara kita.  Dan ia akan mengambil keputusan untuk memilih kabinet baru, serta kebijakan-kebijakan yang harusnya strategis buat seluruh rakyat Indonesia.  Kita boleh berharap Mr. Jokowi dan Mr. J. Kalla mengambil keptusan yang benar.  Bukan kayaq si-pengemudi motor yang walau lolos nyalip truk, tapi kena caci maki dan sumpah serapah karena si sopir truk harus ngerem mendadak.  Semoga. 

Selamat bekerja Mr. Presiden.  Gue salah satu yang milih anda loh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar