Minggu, 01 Juni 2014

Kampanye Calon Presiden dan Pedagang Pasar

Beberapa bulan belakangan, kalo mbuka internet, mbaca koran ato nonton berita, mau ngga mau kita bakal di sodorin gonjang-ganjingnya pemilihan orang nomor 1 dan 2 negri ini.  Seneng ngga seneng, dan mau ngga mau, kita bakal terpengaruh.  Apalagi kalo udah punya bakal calon yang nomornya kelak kita coblos.

Pasar Girian Bitung,..ngunduh dari Google
Cuman,...beberapa hari ngadepin fenomena gonjang-ganjing ini, koq bosen juga ya.  Kedua tim pemenangannya terkesan pengen banget calon lawannya itu terpuruk, ancur-ancuran, masuk penjara, ato bahkan kalo boleh mati.  Iya toh ?  Coba deh perhatikan secara seksama kalo ngga gitu kesan yang di tampilkan.  Semua sisi negatif calon lawan yang ngga pernah di ketahui umum di gelar di semua wahana yang bisa dipelototin publik.  Cuman belom aja gue baca kalo salah satu calon lawannya pernah punya kebiasaan ngintip celana dalem cewek waktu yang bersangkutan masih SMP,....hehehe.

Kalo kita pergi ke pasar, pasti kita banyak nemuin pedagang macem-macem sayur yang jualan saling berdekatan.  Tapi belom pernah gue di bujuk salah satu penjual tempe waktu gue pengen beli tempe di pedagang sebelahnya.  Apalagi njelek-njelekin tempe yang di produksi pedagang pesaingnya.

Mas jangan beli tempenya dia, soalnya dia mbikinnya pake aer nyuci kandang babi

Mas tempe bikinannya pake campuran tai ayam, tai mata dan telor kutu.  Beli tempe saya aja, asli

Suer, belom pernah gue ngadepin fenomena begitu di pasar.  Heeeyy,...ini penjual tempe loh.  Masyarakat kecil yang mungkin cuma tau baca sedikit sama ngitung duit.  Bukan pengusung calon presiden.

Emang sich, tindakan penjelek-jelekan calon lawan yang akhirnya kita hafal sebagai black campaign ini ngga dilakonin langsung sama calon presiden ato wakilnya, tapi para calon ‘dayang-dayang’ yang entah udah dijanjiin jadi apa, ato berharap jadi apa kalo calonnya jadi presiden.

Apa,...? Presiden ? Koq gue malah jadi mikir konyol sich di titik ini.  Persoalannya gini, kan mereka mencalonkan diri jadi orang paling penting di negri ini, dengan maksud mulia, guna membangun bangsa ini jadi lebih baik ketimbang sebelumnya.  Jadi ngga korup lagi, jadi bangsa yang masyarakatnya mendapatkan keadilan dan kemakmuran, dsb, sesuai Pancasila dan UUD ’45.  Tapi apa ngga jadi sebuah pemikiran buat kita semua kalo cara, ato jalan menuju kursi nomor 1 dan 2 tersebut di raih dengan membongkar borok, busuk dan kejelekan saingannya yang mungkin aja ngga bener sama sekali. 

Oke,..anggaplah black campaign adalah ide dan tindakan tim pemenangannya, tapi kan bakal calon presiden yang di usung harusnya melarang keras tindakan-tindakan tersebut.  Kecuali,...hehehe,...mereka yang malah menyarankan.

Harusnya kita mikir, kenapa sedemikian ngototnya sich untuk jadi Presiden dan Wakil yang punya tujuan mulia buat banyak orang, tapi pake cara-cara memalukan ?  Jangan-jangan motivasi utamanya  bukannya pengen njadiin bangsa ini jadi lebih baik sesuai Pancasila dan UUD ’45, tapi lebih pada kekuasaan dan kemakmuran pribadi dan tim pemenangannya ?  Loh, apa ada yang salah kalo gue ngajak pembaca mikir gitu ?  Kan ada teori yang bilang: ‘untuk melakukan hal baik, harus di tempuh dengan cara-cara yang baik’.  Nah, dimana sisi baiknya sich njelek-njelekin calon lawan ?  Masih lebih bagus pedagang tempe di pasar dong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar