Rabu, 19 Oktober 2016

Metamorphosis Is Geblek Tapi Indah



Gue pikir ini yang namanya geblek itu indah,…hehehe.  You know why ? Ah pasti not know lah. 

Gini, kan udah lama gue ngga nulis lagi di blog.  Selain males, gue juga keabisan bahan,-pasir, batu and semen-untuk bikin tulisan, hehehe,..

Suatu kali gue diminta putri bungsu gue, si Cornelia Sarah Berlian Sakura, buat mbikinin tugas sekolahnya.  Tugas anak kelas 4 SD.  Omg, biar kata SMP udah gue tinggalin 33 taon lalu, tapi gue masih punya sedikit ingetan bahwa pelajaran tentang metamorphosis itu bukan pelajaran anak kelas 4 SD, tapi SMP kelas 1 ato 2.  Tapi gue belajar terima kenyataan kalo pendidikan itu bergerak lebih maju.  Siapa tau aja metode pengajaran jaman ini mampu mendongkrak anak-anak sekarang  lebih bisa, dan lebih cepat 3-4 level ketimbang anak-anak 30 taon lalu, untuk tingkatan kelas yang sama.  Dengan kata lain, kalo anak sekolah 30 taon lalu bisa paham metamorphosis di kelas 1-2 SMP, tapi anak sekarang cuma kelas 4 udah paham. Who knows-lah.  

Geblek tapi indahnya, gue justru dihenyakan sama gambar siklus metamorphosis itu sendiri.  Kupukupu-telur-larva-kepompong-kupukupu muda.


Di siklus metamorphosis tersebut kita disadorin fakta alamiah bahwa proses dari kupukupu dewasa sampe jadi kupukupu muda adalah adalah proses alam yang ngga bisa dipaksain.  Karena pemaksaan ngilangin satu siklus, bakal ngancurin totalitas proses tersebut, alias kupukupu dewasa ngga bakal jadi kupukupu muda kalo dari telur ‘direkayasa’ sedemikian rupa, hingga langsung ke tahap kepompong, yang artinya  ‘menghilangkan’ larva, atau dari tingkatan larva dipaksain jadi kupukupu muda, tanpa di-kepompongin,…wkekekw.

Geblek tapi ngga indahnya, ternyata ngga sedikit dari kita yang mencoba menolak proses alamiah dengan ‘daya paksa’ yang tampak sangat alamiah, dengan menghilangkan tahapan peng-kepompongan misalnya.  Itu sebabnya ngga menghermankan,…ups, maksudnya mengherankan, kalo ngga sedikit orang yang uang 200 jutanya bukannya di olah secara alamiah lewat investasi, berdagang, bertani, dll, eh malah dipercayakan ke tangan ‘perusak kepompong’ untuk di jadiin 400 juta lewat cara-cara sakti yang susah dijalarin nalar.  Padahal kalo mau lebih gampang, beli aja 10 mesin fotocopy warna yang berkualitas, terus fotocopy deh 200 jutanya.  Bisa dapet 20 milyar malah,…hehehe.

Bayangin kalo bayi umur 1 bulan, terus dipaksain makan cakalang garo rica.  Apa ngga takut bayinya ketagihan ?  

(btw, trust me,…we can,t metamorf to be superman, spiderman, Batman, or wonderwoman,…selain Mulan Jameela)

So, let’s make all to be geblek tapi indah ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar