Jumat, 02 September 2016

Anjing Coklat si Penyebrang Jalan



Dua kesenangan yang gue lakonin tiap pagi  adalah nganter 2 putri gue ke sekolah, and berangkat ke tempat kerja.

Berhubung jarak rumah ke tempat kerja cuma sekitar 6,5 km, jadi gue mutusin untuk selalu pulang makan di rumah pas jam istirahat.  Selain menghemat, gue juga bisa men-charge sedikit energy gue dengan ketemu istri and anak-anak, serta bobo siang dikit.
ilustasi gbr dari google

Di jalan yang selalu gue lewatin waktu nganter anak-anak and berangkat kerja, gue sering banget ngeliat seekor anjing coklat yang lagi siap, atau udah sukses nyebrang jalan.  Dan moment tersebut, kalo ngga salah inget,  udah berlangsung ampir 2 taonan.

Pas siang istirahat makan sebelum nulis ini, gue juga ngeliat tuh anjing coklat baru mau nyebrang.  Hehehe,..aneh ?  Yoi,..itu pengantar doang koq.  Karena yang gue mau ceritain adalah :

Gue ngga ngerti alasan tuh Anjing  bolak-balik nyebrang jalanan (suer, gue belom sempet nanya..hehe) yang cukup besar  dan rame sama kendaraan yang lalu lalang.  Artinya, anjing tersebut berpotensi besar mati kelindes.  Gue beberapa kali koq ngeliat tu anjing ampir kelindes mobil and motor  yang ngebut.  Malah gue sendiri pernah ampir nabrak tuh anjing.  Cuma faktanya, anjing coklat tersebut masih hidup sampe kurang lebih 2 taon bolak-balik nyebrang jalanan rame.  Anjing sakti, ato jenius nyebrang jalanan ?

Hehehe,..ngga sama sekali.  Lah wong beberapa kali gue liat tuh anjing di kolong mobil, ato bis gede yang sopirnya terpaksa nginjek rem tiba-tiba sambal marah-marah, lantaran tuh anjing nyebrang sembarangan.  

Artinya, anjing coklat tersebut bisa bertahan hidup dalam ritual penyeberangan di tengah ramainya lalu lalang kendaraan, bukan semata dia paham caranya nyebrang, tapi lebih ke belas kasihan para sopir kendaraan yang lebih rela ngerem mendadak, ketimbang ngelindes mati tuh anjing coklat.  Artinya, dalam pemikiran gue,  masih banyak orang yang bahkan ngelindes mati anjing aja ngga tega.

Ironisnya, ngga sampe 1 km dari lokasi tersebut, beberapa waktu lalu pernah ada seorang anak muda yang tega nombak  seorang  tua sampe tewas karena dadanya tembus panah wayer.

Bahkan, kita seolah udah biasa banget ndenger pemberitaan tentang bunuh-bunuhan.  Manusia-manusia saling bunuh seolah jadi kebutuhan.  Jumlah manusia yang mati terbunuh di seantero jagad udah jadi angka-angka tanpa makna di telinga kita.  Kayaq berita baru-baru: 10.000 orang di perkirakan  terbunuh dalam krisis di Syiria.  My God, masih benarkah hati manusia kita ?  Padahal, harusnya 1 kematian saja adalah tragedy yang memilukan.

Masa sih kita harus mengubah paradigma kita untuk melihat manusia lain bagaikan seekor anjing coklat di jalanan tempat gue lewat tiap hari, supaya rasa ngga tega melindasnya tumbuh di hati kita ? Geblek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar