Minggu, 07 Agustus 2016

Sang Penasehat



Belasan taon lalu gue inget  pernah denger percakapan  2 orang kawan.  Yang satu nasehatin temennya yang baru cerita tentang kekesalan pada istrinya.  Saking emosinya, gue tendang bini gue…”

Eh, masa loe gitu sama istri loe.  Inget coy waktu loe dulu pertama nguber-nguber dia, terus dengan hati deg-degan, loe minta dia jadi pacar loe….”

Gue yang waktu itu baru merit jadi takjub campur terharu.  Ajigile, nasehat yang buat gue ajaib walau sederhana.  Sesuatu yang sampe detik ini masih membekas di benak gue.  Sesuatu yang bukan gue peroleh dari nasehat pernikahan gue di taon 1999, tapi di sebuah tempat makan level bawah di pinggiran Manado.

Ngga ajaib gimana coba, mengingatkan laki-laki yang kebablasan mukulin istri dengan memanggil lagi memori masa lalu manakala dulu dengan susah payah mendapatkan cintanya untuk jadi pacar, lalu menikah.  Sederhana emang, tapi tepat sasaran.

Sebuah kebetulan yang menarik, terjadi beberapa tahun sesudahnya.  Gue pindah rumah ke deket temen yang ngasih nasehat ajaib tadi.  Tapi kisahnya malah nunjukin yang sebaliknya:  Si pemberi nasehat manis tadi ternyata lelaki tukang selingkuh huibat.  Alamak. 

Nasehat emang gampang di ucapin, tapi susah njalaninnya.  Dan kisah tragis itu yang senantiasa gue alamin.  Tukang kasih nasehat yang selalu gagal ngelakonin nasehat-nasehatnya.

Sebenarnya banyak dari kita tahu bahwa dari 10 orang curhat, yang  9 ngga bener-bener pengen denger nasehat, tapi cuma pengen  curhatannya di denger, dan di empatiin.  Itu aja.  Persoalannya, 8 dari 10 pendengar curhat merasa wajib ngasih nasehat.  Hehehe,…sialnya, gue salah satu dari 8.
ngambil dari Google. Meong ama monyet lagi ndengerin curhatan

Para pendengar curhat cenderung  ‘kehilangan radar’ pendeteksi untuk memahami bahwa para curhater butuh temen yang siap menggenggam tangannya, merengkuh bahunya, dan nunjukin bahwa si pendengar bener-bener perduli dan berempati sama kegalauan curhater.
Berhubung gue termasuk dari 1 dari 8 ‘penasehat kaliber’ tadi, jadi gue bisa nyimpulin bahwa ketika para curhater baru ngemukain materi curhatnya 45%, para penasehat justru udah nyiapin materi nasehat 60% untuk di hamburkan ketika para curhater selesai ngemukain kegalauannya.  Malah ngga sedikit justru yang motong curhater di tengah jalan, dan menggantinya dengan 1001 petuah dari motivasi ala Tung Desem, sampe Antonny Robbins.  Dari kisah Alladin sampe Cinderella.

Ketika semua usai, curhater pulang dengan kegalauan yang mungkin bertambah, sedangkan para penasehat kaliber pulang dengan senyum puas seolah sudah menyelamatkan sebuah kehidupan dari kehancuran fatal.

Kita emang banyak yang lucu dan ngga sadar diri bahwa Sang Pencipta menciptakan kita 2 telinga dan 1 mulut.  Artinya, kita harus lebih sering mendengarkan ketimbang berbicara.

Bahkan seorang penasehat Raja dan Presiden terbaik yang terpilih, tidak semata karena nasehat saktinya yang di tunggu, tapi juga kemampuan mendengarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar