Selasa, 19 Januari 2016

Seupil Story Di Akhir Desember 2015



Salah satu tradisi ngga tertulis yang gue lakonin bareng keluarga di tiap akhir taon adalah gantian ‘sungkem’ ke orang tua.  Kalo taon ini ke orang tua di Sukur-Minut, nextnya ke Tahuna-Sangihe.  Taon ini, gue sama istri, and 2 putri menggemaskan gue,  giliran sowan ke Tahuna-Sangihe.


Lantaran ada janji sama salah satu teman sejak 4 bulan sebelumnya, jadi gue harus pulang ke Bitung duluan tgl 28 Januari 2015, dan ninggalin istri sama 2 cewek gue bercengkerama sama opa & oma, dan sanak family sampe lewat 1 Januari 2016.  Gue naek Kapal Motor Terra Sancta, dengan tiket untuk ranjang no. 512.


Berhubung travelling Manado-Tahuna pp  ini udah gue lakonin sejak taon 1998, jadi semua keasyikannya terasa biasa aja.


Setiap ke, atau dari Tahuna sendirian, gue gak doyan langsung rebahan di ranjang, tapi lebih suka looking around dulu, menikmati riuh rendahnya aktifitas pemberangkatan.  Mulai dari nonton pemandangan Romy and Yuli yang bernuansa sendu karena pengen pisah, gerombolan penjual yang tergopoh-gopoh karena udah ada pemberitahuan harus turun kapal, buruh angkut yang narik tangga dari kapal, sampe rombongan kecil penumpang yang lari tunggang langgang karena harus naek perahu kecil berpenggayung, buat nguber kapal utama yang udah bergerak ninggalin pelabuhan. Mmmhhh,…kebiasaan jam karet dibawa-bawa sampe ke laut.


Waktu kapal udah jalan, dan ada pemberitahuan untuk pemeriksaan tiket, gue bergerak ke ranjang buat tidur.   Keasyikan justru bermula dari sini.


Pas gue siap rebahan, pria di ranjang sebelah gue negor “Robin toh..?” senyumnya ngembang sambil ngulurin tangan (pastinya buat salaman lah, masa mau nggerayangin gue,…hehehe)


Gue yang kebetulan baru dapet haid, males-malesan ngerespon sumber suara.  Tapi kan gak sopan kalo ngga nengok.  Takut dikira budek.  Udah gendut, tua, budek lagi, Hehehe…


Sayangnya, biar udah manggil semua arwah gentayangan ke memori gue, tetap aja belom bisa mendeteksi pemilik seraut wajah yang ukuran mulutnya gue taksir udah segede bola voly lantaran cengengesan.  Maaf, siapa ya,..? aduh otak gue udah lalot banget nih.  Maaf…” Gue menayangkan senyum tanpa perasaan yang natural banget.


Kasihan, kecerahan mukanya yang semula level 99,7 langsung drop ke 1,22, mirip senyumnya Amin-sopir kang Bahar di sinetron Preman Pensiun kalo di ‘kick’ Imas.


Nelangsa, akhirnya doski nyebutin namanya.  Gue malah yang ampir nyungsep ke dalem botol minuman mineral yang baru gue beli, saking kagetnya.  Bukan apa-apa, coz udah 30 taon lebih ngga pernah ketemuan, atau sekedar kontak-kontakan.  Malah bayangannya aja bisa dibilang ngga pernah ngelintas di benak gue, apalagi mendeskripsikan fisiknya yang menghilangkan semua jejak tentang sosok remajanya dulu, di sebuah perkampungan bernama Jakarta.  Dan sekarang, doski malah muncul dari belahan bumi lain bernama Tahuna (hehehe, kaga usah mastiin di globe kaleee,..Tahuna bukan di kutub selatan lebay).  Tapi gue amat sangat salut sama keahliannya mengenali sosok gue yang juga pasti berubah banget, kayaq ulat jadi kupu-kupu (tapi kupu-kupu abis  dimuntahin ular phyton setelah ditelen 3 minggu,..hehe). 


Singkatnya, kita ngobrol ngalur ngidul, sampe ngga jelas siapa yang ngorok duluan.  Cuman sesaat sebelom ilang kesadaran, gue sempet ngelirik jam digital di hp nunjukin jam 3 pagi, atau 1 jam sebelom kapal sandar di pelabuhan Manado.  

Kita berdua di bangunin ABK yang lagi mbersihin kapal.  Dari sekitar 500 – 600 penumpang yang berangkat dari Tahuna, tersisa kita berdua, plus ABK, dan sampah yang dikumpulinnya. 


-------------000-----------


Dari cerita yang panjang lebar, mulai dari cewek-cewek imut nan lezat dipandang kala itu, sampe nyolong singkong and mangga kong Haji deket terminal.  Dari sepucuk cewek Dayak yang katanya naksir berat dan ngga berhenti nanyain gue, sampe ke salah satu kisah dramatis melankolis sahabat terbaiknya  yang dia kunjungin di kota Tahuna.


SM,-begitu inisialnya, salah satu temen sekolah minggu gue waktu masih tinggal di Ciledug,-(dulu masuk JakSel).  Doski temenan akrab banget sama seseorang.  Udah sekitar 20 taon katanya.


Dia orang yang hebat.  Ulet, gigih, dan mengelola banyak usaha.  Seringkali sukses, dan bergelimang kekayaan.  Sebagai sahabat, gue seneng dengan ikhlas dan tulus melihat dan mendengarkan kisah-kisah dramatisnya mencapai keberhasilan, dan berkutat dengan milyaran uang.  Tapi lama-lama gue ngerasa ada yang aneh…” SM berhenti sejenak, kelihatan ragu ngelanjutin kisahnya.  Gue diem, tanpa berusaha maksa, tapi nunjukin rasa penasaran.


Doski selalu menunjukan kisah sukses dan capaian-capainnnya, plus  proses meraihnya. Tapi ngga pernah ngajak gue untuk sukses sama-sama, atau minimal menikmati sedikit saja kesuksesannya.  Karena gue lebih sering mendengar dari orang lain, bagaimana doski mengajak temen-temen lainnya menikmati kesuksesannya.  Bukan gue.  Malah ironisnya, alam bawah sadar gue justru nunjukin fakta kalo doski selalu melibatkan gue untuk ngerasain saat-saat paling kelam dalam usahanya..” SM nenggak sebotol air mineral dengan raut sedih dan kecewa.


Waktu usahnya bangkrut, atau ditipu mentah-mentah rekan usahanya, bahkan ketika sempet kehilangan semuanya, malah gue yang didatengin, buat ngerasain kepedihannya….” SM narik napas berat, dan masang sebatang rokok.


Bin, anak gue empat orang, dan hidup gue cuma apa adanya.  Coba loe bayangin, berapa sih gaji PNS lulusan SMP ? Dan gue punya temen baik seorang  pengusaha yang uang puluhan milyar buatnya, selevel sama ratusan ribu buat gue.  Gue bukan pengemis Bin, gue punya harga diri.  Tapi, apa salah kalo sisi kemanusiaan gue dilintasin pemikiran untuk punya kehidupan yang sedikit lebih baik, karena berteman baik selama puluhan taon sama seorang pengusaha kaya ? Apa gue salah kalo sesekali lahir harapan di hati gue, bukan cuma denger dan liat kumpulan kisah suksesnya, tapi juga mecicipi sedikit aja kue-kue kesuksesannya?  Dan apa gue juga salah kalo mempertanyakan kenapa gue cuma dikasih kue-kue kegetiran ?”


Gue diem dan terhenyak.  Pikiran gue melayang, mencari cari seklumit kisah di hidup gue, karena sapa tau aja kisah SM juga pernah gue lakonin ke seseorang, tanpa pernah gue sadarin.  Tapi akhirnya gue cuma bisa senyum dan sadar diri, kalo gue ngga pernah sesukses dan punya puluhan milyar.


Pas gue mau mikir hal lain, SM ngelanjutin “ Loe tau ngga Bin kenapa gue ke Sangihe ?” Gue nggeleng. “ Doski manggil gue buat nyaksiin proyek Perikanan bernilai Milayaran yang di kasih Bupati.  Dan untuk kunjungan prestise ini, biaya perjalanan dan akomodasi, plus hadiah uang saku Rp. 500 ribu yang dia isi di amplop.  Eh Bin, Jakarta-Tahuna pp, 1 minggu broe.  Rp. 500 ribu ?”


Gue diem lantaran ngantuk berat dan ngga bisa mikir lagi.  Gue nolak men-justify temannya SM yang pengusaha itu.  Apalagi menyudutkan SM.  Karena buat gue, sebuah cerita haruslah lengkap untuk kemudian bisa diberikan penilaian.  Dan gue ngga merasa perlu untuk mencari kisah lengkapnya demi sebuah penilaian.  Karena buat gue, menutup taon 2015 adalah sebuah anugrah.  Begitupula pertemuan tak terduga dengan SM yang udah 30 tahun lebih.


Gue pikir, cuma dengan menikmati hidup sebagai sebuah anugrah, bakal lebih mempermudah hidup gue menerima hidup itu apa adanya, dan menjalaninya sebagaimana adanya.  

Tuhan bakal menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya.



Ditulis di kedai kopi di pelabuhan Manado, pada 29 January 2015 pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar