Sabtu, 08 November 2014

Enjoy Jadi ‘EGP’ People



Sekitar 5 taon lalu gue punya story konyol yang bahkan sampe detik ini masih suka bikin gue senyum sendiri kalo ingatan tersebut ngelintas lagi di otak gue.

Sambil kerja sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan, kalo ada waktu luang gue suka nyoba bisnis kecil-kecilan yang berhubungan sama hasil-hasil laut: memindahkan hasil laut yang kurang ber-‘ekonomis penting’ di suatu tempat ke tempat lain yang lebih ber-‘ekonomis penting’....hehehe,..ribet ya.  Simpelnya, kalo ikan putih banyak di sebuah pulau di Sumatra tapi murah, dan mahal di Jakarta, ya gue pindahin.  Dan efek samping dari memindahkan tersebut kan bisa beli pulsa. 

Nah, suatu kali ada temen kerja gue yang berhenti, dan rencana pindah ke daerah lain, yang menurut info yang gue pernah denger  di daerah tersebut  punya beberapa hasil laut yang potensial.

Cuman lantaran beberapa saat sebelom keberangkatannya kita susah ketemuan, gue nitipin deskripsi produk-produk beserta gambar, cara penanganan dan pengolahan, serta harga pembelian.  Semuanya gue masukin di amplop coklat, gue segel dan titipin di satpam kalo kebetulan dia dateng dan ngga sempet ketemu.

Lantaran kadang suka iseng, di bagian kanan bawah amplop tersegel tersebut gue tulisin: sebuah rekomendasi ke nama daerah yang bakal dia tuju.  Abis cerita, dan tinggal tunggu informasi selanjutnya via sms, ato telpon (waktu itu internet di kantor belom semarak sekarang)

Gue ngga pernah nyangka sama sekali dampak dari amplop coklat bertuliskan sebuah rekomendasi ke....sampe gue denger adanya kehebohan kalo gue punya jaringan kekuasaan di daerah yang bakal di kunjungin temen gue tadi.

Bin, katanya loe nyuruh si-Usro (anggap aja namanya gitu) menghadap petinggi-petinggi di daerah....supaya Usro jadi PNS di sono ya.  tolong dong keponakan gue juga di kasih rekomendasi, dia udah tiga kali ikut tes ngga tembus-tembus...”

Gue yang waktu itu lagi nyiapin laporan proses ikan mentah  langsung berhenti dan nyuruh dia ngulangin kata-katanya.

Rekomendasi apaan ?”  Koq tiba-tiba gue pengen nelen hekter.

Itu, yang diamplop coklat buat si-Usro.  Orang-orang udah tau semua koq  Dia mitesin kutu pake giginya.

Tawa gue meledak saat itu juga.  Kaca-kaca kantor langsung bergetar, 14 ekor cicak jatuh,  pohon mangga di sebeah kantor langsung berbuah, dan dari ruangan sebelah, bos gue yang lagi ngitung profit and loss langsung nyamperin meja gue, dan nyuruh gue minum air es, lantaran dikiranya masih ada sisa-sisa mabok tadi malem waktu kampay sama orang-orang Jepang.

Astaga naga, hebat banget nih orang-orang, bisa-bisanya main-main sama pikirannya sendiri.  Masih untung cuma heboh begituan.  Nah kalo mereka kira isi amplop tersebut adalah ‘License to Kill’ kan bisa-bisa gue disamperin James Bond lantaran dianggap pengen ngerampok jatah dia sebagai agen 007.  

Hehehehe......Kamseupay deh loe.

Btw,...mungkin ngga salah juga kali ya kalo orang mengira-ngira jalan, toh PU jua yang bikin jalan.

Gue jadi keinget sama Jokowi and kabinet yang di bentuknya ya.  Belom apa-apa udah di kritik dan setengah di hujat abisa-abisan sama orang-orang pinter,...mmmmhh,..ah ngga tau lah,..mereka yang pakar kritik entu  beneran pinter ato malah sebaliknya ya ?  Jangan-jangan kritikan-kritikan mereka cuma berlandaskan dugaan dan permainan pikiran karena cuma ngeliat ‘amplop coklat’ bertuliskan rekomendasi, tapi sama sekali ngga tau apa yang ada di dalemnya.

Mereka,-para pakar kritik tersebut nguntitin Jokowi dan kabinetnya Cuma buat cari alasan buat dikritik.  Hehehe,...kalo gue jadi Jokowi ato salah satu mentrinya, gue bakal main sandiwara.

Lantaran tahu pasti dikuntit ke sono ke mari, pura-pura aja nyumbang kesana kemari sama orang-orang yang udah kita ‘siapin’.  Besoknya, tempelengin satu-satu orang yang kita sedekahin tadi.  Trus makan bareng ditempat rahasia sama orang-orang yang abis kita tempelengin, sambil nunggu koran besok buat mbaca apa yang para pengeritik bilang ,....hehehe.  tapi itu kalo gue.

Cuman yang paling asyik mah pake prinsip EGP aja.  Emang gue pikirin.  Silahkan loe ngomong sambe berbusa tuh mulut.  Toh mulut, mulut elo.  Gue always enjoy jadi EGP people.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar