Sabtu, 29 Desember 2012

MENGELUH OK-OK AJA KOQ, BUT.....




Ente pasti pernah denger ato baca di status FB keluhan-keluhan orang.  

Aduh laper..!”

“Anaku nakalnya minta ampun...”

“Ya ampun nich ujan, ngga ngerti amat sich...”

“Oh my G, maceeetttt...!”

“BB-ku hang...”

Dan lagi,...dan lagi,...

Tiap orang punya reaksi and koment yang beragam untuk tiap keluhan yang kita denger, ato baca.  Kalo kita respect sama si-pengeluh mania tsb, sejatinya kita bakal nanggapin, entah dengan ngasih solusi basa-basi, ato serius mencermati sambil nyuruh pikiran kita wara-wiri ke sana ke mari sambil bikin muka di ‘melongokan’ sedemikian rupa supaya kliatan paten mendengar, ato yah emang beneran perduli, and ngasih solusi.  Who knows ?
Pict by Jane Mamuaja

Ndengerin keluhan sekali –duakali mungkin ada asyik-asyiknya juga sich.  Apalagi kalo keluhan yg kita denger, emang udah lama pengen kita denger. Ah, ngga usah pura-pura ngerutin kening gitu ah, jadi ngga enak nich pengen nerusin nulis...hehehe...kukuruyuk...

Seorang kenalan pernah tanpa sadar curhat (hehehe...sebenarnya sich doski sadar, kalo pingsan, mana bisa curhat) tentang kebiasaan temen lainnya yang kebetulan juga saya kenal.  Katanya, dia kesel sama temennya,-sebut aja Momo-yang sukaaaa banget ingkar janji, ngomong gede, pamer ini-itu, dll.  Satu kali topik kekesalannya soal Momo adalah pinjem duit.  Lantaran temenan, si-teman curhat ini-sebut aja Nana- kurang enak kalo mau nagih utangnya.  Jadi, berharap kesadaran Momo aja buat mulangin utangnya.  Seminggu dicuekin, dua minggu masih juga cuek.   Masuk minggu ketiga, tensi darahnya udah naek.  Tiap ketemu, Nana nyindir soal pinjaman Momo.  Tapi Momonya cuek.  Nana jadi lebih senewen lantaran slalu aja liat Momo abis beli ini-itu yang harganya bisa 10 kali lipet sama utangnya.  Akhirnya Nana berhasil ‘menjebol’ sendiri tembok kemaluannya,...ups,...maaf.  Maksudnya tembok ‘rasa kurang enaknya’ tadi.  Nana udah nagih terang-terangan, maupun gelap-gelapan (maksudnya entah siang, ato malam).  Eeehhhh, bukannya mbalikin utangnya, Momo Cuma obral sejuta janji manis.

Sabar ya, suamiku tiga hari lagi baru dapet order.  Ntar saya lebihin deh pinjamannya...” Sambil nongolin kawat gigi yang baru di pasang, entah di bengekel bubut mana.

Ato, “Na, dua hari depan saya dapet arisan.  Ntar saya sms ya.” Sambil nggosok-gosok BB barunya di kaos.
Nana ngomong ke saya, “Aduh, sayang udah tetanggaan lama.  Kalo ngga udah saya jepret pake ketapel yang pernah dipake Raja Daud buat ngerobohin Goliath deh

Wkwkwkwk,....saya ketawa dalem hati.  Temen saya kalo marah banget koq jadi pinter ya pelajaran sejarahnya.  Padahal waktu SMP, cuma menghafal letak Taj Mahal aja salah melulu.  Masa pernah dia bilang Taj Mahal di Glodok....hahaha....mentang-mentang ada kata ‘mahal’-nya kali.   

Akhirnya, di siang hari yang terik, sambil melototin pohon melinjo yang daunnya sepoi-sepoi kena kipas angin, Nana bilang ke saya, kalo Momo ngeluh sambil nangis.  Gelang, kalung, cincin (ya emas dong, masa dari kulit telor..) yg di punyainya di colong salah satu kenek Tukang yang lagi nge-renovasi rumahnya.  Semua ludes,..des,..des.
Nana cerita dengan air muka berseri-seri (kayaq abis diamplas).  Doski kliatan langsung males nagih utangnya yang Rp. 150 rb.

Btw, kalian tau ngga kalo sebenarnya ngga semua keluhan tuh emang bener-bener pengen ngungkapin keluh kesah dan gundah gulana ?  Coz ngga sedikit orang ngeluh, sebenarnya lagi pamer.

Sial banget tuh anjing tetangga, masa kencing di ban Feroza yang baru tiga hari aku off road.  Jangan-jangan disuruh tuannya kali lantaran jeles” (jeles artinya cemburu dodol...)

Kebiasaan ngerokok suamiku ampir bawa bencana tadi malem.  Untung triple spring bed bulu angsa yang baru di beli cuma kesundut dikit ujungnya...”

Payah, katanya Ipad Apple terbaru fiturnya 3000-an, padahal Cuma 2999.  Aku otak-atik semalem tetep ngga ada yang satunya lagi

Pokoknya masih banyak deh model keluhan semu begitu yang udah jadi trend. Hehehe,....tapi kan kita orang modern emang harus jadi para setiawan dan setiawati yang dengan penuh sukarela menyiapkan waktu, telinga, hati, dan kantong plastik (buat jaga-jaga kalo muntah....kukuruyuk) untuk menjadi pendengar curhat dan keluhan yang belakangan udah terstruktur dan tersistematik, mirip rumus bangun Kimia organik.

Akhirnya,....

Buat aku, mengeluh ok-ok aja.  Tapi jangan rombongan ah..Antri..! udah mau 2013 yo..    

(ketika malam larut,..beringsut,..mengerejap dan menjalari tiap inci waktu menuju 2013.  Aku akan siap menghadapi tantangan baru: melunasi hutang-hutang.....wkwkwkwkw...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar