Selasa, 15 Januari 2013

Catatan Kecil Dari Pinggir Sungai



Waktu mbaca judulnya, nt mungkin membayangkan hal-hal sederhana yg mirip novel 'Litlle House on Praire' yg asik and fenomenal hingga nt mutuskan utk mbuka isinya.  Makanya seblom nt bener-bener kecewa, terluka, bahkan merana, gue saranin mendingan ngga usah mbaca terus.  Cari aja bacaan laen yg lebih berbobot and bermanfaat, ato bikin kegiatan laen yg berkontribusi positif ke tubuh ato otak loe.

Lkhalfhalfdh l hlhfoh lfhlhf;a hfkhlnlh lnh lfdahoh hbkhkhlkn:?khlkdnkshlfkshknsk kuhodhodvxp;aoshdoaiowhioyiyh bx ihidhlihlhsbvlbslfildshxlh lhldhlcbjsdppposj bodjapodpudpaxbpbpbcpbnzi biifcnfab b jsdjs ysoiasijdcb;sajxljdilhlakhlxbns;bdoifh;coifhnznlignz;sidhjlsdkhglbv;zpfh;cbdfihilfb fidjlkhj;lskdfj;lzhjlzhvlz nc’pspbpfb’apjvfjdfjdvsn;njdghghmglsgj’zssjgihfghfgifhdgilhfogihsogihsodfgihsoighsoilgh

Tuh kan, gue bilang juga apa.  Nyesel kan.  Lah wong ide judulnya emang terlintas waktu gue ada di pinggir sungai koq.  Duluuuuuu banget, sekitar 18 taon lalu, waktu gue masih suka berenang di sungai ama temen-temen gue.  Nah, berhubung waktu nulis gue ngga pengen ada yang baca, makanya gue nulisnya keciiiiiiiiiiilllllll banget, yang sampe-sampe gue sendiri akhirnya ngga bisa mbaca juga setelah tulisan ini gue dapetin lagi 7 taon lalu, di tumpukan koran-koran tua yang mau di jual babe gue lantaran rumahnya mau di renov.

Tapi setelah gue pikir-pikir, koq tumben ya gue bisa bikin tulisan yang relevan and konsisten banget judul sama isinya.

Nah, berhubung ente-ente udah telanjur mbaca, makanya gue bela-belain nyari kaca pembesar buat mbaca and nyalin lagi manuskrip tulisan ‘catatan kecil di pinggir sungai’ (yang ukurannya udah gue gedein....)

Sukur, 14 pebruary 1995

Hari ini, Saya, Eky, Oni, Kepek, Acos, Tirza, Echan, Gina, Rita, Jacky and Vivi, berenang rame-rame di sungai di belakang Sukur.  Sungai yang temen-temen bilang mengalir ke danau Tondano (tapi akhirnya saya tahu bukan ke danau Tondano, tapi ke laut Manado).  Alirannya cukup deras.  Batunya gede-gede.  Tapi sungainya ngga terlalu dalem. Cuma sepinggang.

Diantara kita, yang paling tua Jacky sama Kepek.  Yang paling muda Acos.  Yang cewek, kalo ngga salah Vivi yang paling tua, Tirza termuda. 
Kita abis metik rambutan and minum kelapa muda di kebon opa.  Lantaran masih siang and kebetulan libur sekolah, Eky and Jacky manggil saya buat ikutan berenang di sungai.  Kenapa ngga,..ada cewek-cewek cakep lagi ikutan.

Sampe di sungai, yang cowok buka kaos (tadinya saya berharap ceweknya juga...hehehe), and langsung nyebur.  Tapi cewek-ceweknya nyebur dengan pakaian lengkap.  Untuk sesaat, kita semua hanyut oleh asyiknya berenang (walau diem-diem saya ngelirik tubuh mulus nan putih cewek-cewek).  Yang laki pada unjuk kebolehan.  Ada yang naek ke pohon tinggi terus loncat, tapi ada yang loncatnya Cuma dari batu.  Wuih bener-bener asyik.  Apalagi waktu ngerasain pasir di kaki yang anyut perlahan hingga kaki kita makin terbenam.

Tiba-tiba pikiran gue ngelantur ke masa depan.  Gue mikir, kalo aja kelak gue merit sama salah satu wanita ini, atau wanita lain sekampung, berarti nantinya anak-anak gue juga bakal main sama anak-anak mereka.  Dan mungkin di tempat ini juga, salah satunya.  Ato, kalo kelak saya pengen nyuruh anak-anak saya berkunjung ke rumah opa, atau oma mereka, cuma di kampung-kampung ini juga.  Wah, koq kayaqnya ngga asyik deh buat anak-anak saya.  Kan jauh lebih asyik kalau oma and opa dari mama mereka kelak jaraknya jauh dari kampung ini.  Karena dengan begitu mereka ngga cuma muter-muter doang di kampung.
 
Ketika salah satu temen ngajak pulang lantaran laper, saya sempat ngelirik salah satu wanita.  Mmhhh,...mereka cantik.  Tapi entah kenapa, saat itu saya sudah memutuskan, untuk tidak merit dengan salah satu dari mereka, atau wanita lain sekampung.  Bukan karena alasan yang terlalu ribet, justru terlalu sederhana: supaya kelak anak-anak saya bisa mengunjungi opa dan omanya di tempat yang jauh dari kampung saya.  Supaya mereka kelak lebih mengenal dunia selain kampung halaman sendiri.     

Tunggu,...tunggu,...loh ini kan 14 Pebruary.  Hari valentine.  Hehehe,...lucu, apa kebetulan kali ya saya bikin nazar soal bakal jodoh saya.  

(uhhf, untung isi tulisannya masih ada. Kan sebenarnya sah-sah aja kalo isinya cuma inventaris benda-benda sungai, kayaq pasir, batu, kerikil, dll)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar