Sabtu, 31 Agustus 2013

Suatu Hari Di Franchise Ayam Amerika

Sore 23 Agustus 2013

Nongkrong di tempat yang jadi salah satu ikon masyarakat modern bukanlah kesenangan gue.  Bukan apa-apa sich, selain suka ngerasa kikuk, gue juga harus memangkas beberapa kesenangan yang dianggap melanggar etika dan kesopanan, misalnya angkat kaki di kursi, ato sendawa keras.  Sebenarnya sich bukan lantaran perduli ‘apa kata orang’ tapi ngga nyaman kalo sebagian mata orang sopan mengarah ke meja kita.

Cuman berhubung hari itu special buat istri and anak-anak gue, jadi gue harus ‘memendam’ kekurang sukaan gue toex nongkrong di sono, di franchise Ayam internasional yang baru buka 2 Minggu di Bitung.  Oh iya, sekedar info.  Franchise ayam internasional tersebut dibangun dua tingkat di daerah Girian.  Dan kayaqya sich emang udah lama di tunggu banyak orang Bitung.  Soalnya pas di buka sampe hari ini boleh di bilang sering penuh.  Dari anak sekolahan, pejabat pemerintah, ABK kapal ikan Taiwan, pekerja pabrik, tukang ojek, dsb.  Dan gue, masuk di kelompok pekerja pabrik dong.

Kita ngambil meja di pojok kiri lantai dua.  Selain cukup tersembunyi, dari tempat itu gue justru bisa ngeliat banyak pemandangan baru dari sudut pandang baru.  Jalanan Girian yang memanjang dengan temaram lampu yang ngga rata cahayanya, serta rumah extra gede bergaya coloseum Romawi milik salah satu orang ter-tajir di Bitung.
    
Berhadapan sama meja kita ada tiga wanita and seorang anak.  Yang muda kayaqnya ibu si anak.  Masih muda dan cantik euy.
 
Di belakang meja mereka kayaqnya segerombolan cewek anak SMP.  Sebagian besar keliatan dari golongan keluarga tajir.  Keliatan dari tampilannya yang ‘mengkilat’ serta tentengannya yang kebanyakan Ipad berlambang buah yang di gigit setengah (yg pasti bukan kedondong ato pepaya).  Keliatan banget mereka udah sering ke tempat itu.
     
Sambil nunggu istri gue ngambil ransum, gue becanda sama bocah bungsu gue yang kliatan seneng banget di bawa ke situ.  Kakaknya cenderung diam dan dingin.  Matanya mengawasi gerombolan anak sebayanya yang duduk di seberang.  Gue ngga tau apa yang ada di otaknya.

Waktu bocah bungsu gue bosen main, gue menghayal ke masa silam.  Masa di mana orang mungkin masih hidup di gua, nutupin auratnya pake kulit kayu, nyari makan dengan berburu binatang, dan metik daun dan buah di hutan.  Binatang buas, penyakit dan kemungkinan serangan suku lain, mungkin merupakan ancaman terbesar dalam hidup mereka.

Kanker serviks, Leukimia, Parkinson, Diabetus melitus, hipertensi, stroke, cuci darah, ato gagal ginjal pastinya ngga pernah terlintas di otak mereka.  Karena semua hal tersebut adalah warisan buat masa yang akan datang.  Astaga,...warisan ?

Tapi gue sempat mikir, kira-kira ada korelasinya ngga ya antara modernisasi, makanan and penyakit ?  Soalnya di benak awam gue,  semua makanan jaman dulu kan kalo ngga di sajiin mentah, rebus, ato  bakar.  Ngga ada microwave, panci bertekanan, bumbu makanan sachet, MSG, keju, minyak jelantah, dsb yang di jaman kita begitu marak.

Bukan itu aja.  Kan lidah kita sama manusia gua jaman dulu pastinya sama.  Ato emang sel-sel syaraf perasa di ujung lidah kita juga yang udah mengalami mutasi gen sampe ngga doyan lagi makan makanan rebus, kecuali udah di vonis jantung, darah tinggi, stroke, dll.  Walahualam.  Gue cuma sampe di andai-andai.  Takut salah, coz gue bukan expertnya.

Tapi coba deh kita ngerenung dikit soal makanan-makanan yang kita makan di jaman sekarang.  Mahal, enak, dan banyak variasinya.  Dan kita harus percaya karena semua makanan yang kita beli dalam kemasan kan udah ada garansi dari badan-badan resmi bersertifikat.  BPOM, salah satunya.
 
Emang sich kita ngga bisa meng-klaim kalo variasi penyakit yang timbul sekarang karena pengaruh makanan.  Yang pasti, deretan nama penyakit yang ada di jaman kita, bertambah seiring makin modern-nya kehidupan kita.  Ah,....modernisasi emang keniscayaan.  Kita sulit menolak medernisasi.  Tapi kita tetap punya kuasa menolaknya.  Yup, apapun yang terjadi di lingkungan kita, filternya ada di diri kita sendiri.  Mau makan Ajinomoto, Miwon ato Sasa 2 kg/hari kan juga pilihan kita.  cuman gue jadi inget falsafah pendaki kalo abis makanan dalam petualangan: 
“Jangan makan terlalu banyak untuk satu jenis menu”

Sederhana aja alasannya: supaya kalo ada yang beracun, kita cuman nelen sedikit.
===============================

Pas abis makan gue tanya ke istri ngeluarin berapa duit.  Aji gile.  200 ribu lebih coy.  Gue ngebayangin kalo duit sebanyak itu di beliin ayam di pasar, terus kita potong and masak sendiri, entah di bikin opor, ayam goreng bakar rica-rica, ato menu ayam apalah, pasti bisa buat kita makan 2 ato 3 hari. Mo bilang apa, toh gue udah kenyang makan Franschise Ayam Internasional.....hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar