Kamis, 30 Agustus 2012

BETWEEN START AND FINISH


Mungkin ini pertama kali loe mbaca tulisan mahluk norak, gede, idup, tapi cute yg namanya Robin…hehehaeee.  Ato, jangan-jangan loe malah salah satu pengaggum gue…? Cuma loe doang yang tau.  Bdw, siapapun loe, gue yakin kalo loe mbaca tulisan ini bukan pas lagi berenang, terjun payung, panjat dinding, ato lagi nyetir pesawat R.I. 01. 

Nulis-nulis soal tidur, boleh ngga gue minta tolong…?  Eitsss,..bukan minta tolong ditidurin loh….ihhhh najis (hahaeeee…) Cuma 2 menit koq.  Coba inget-inget 3 ritual yang loe lakonin waktu bangun tidur di pagi hari.  Ketika sinar mentari nerobos jendela kamar loe, burung berkokok, dan ayam berkicau (hehe…).  Udah,…? Ok, gue coba bantu ngingetin.  Pertama, mbuka mata loe.  Kedua, menggeliat.  Ketiga, berdiam sejenak dg mata kebuka.

Ngga perduli apa dan siapa loe, gue yakin 80% kita semua melakukan ritual yg sama untuk yg pertama dan kedua.  Mbuka mata & menggeliat.  Kegiatan selanjutnya-lah yang bakalan mbedain cara hidup masing-masing orang.

Masih inget lagu masa kanak-kanak kita dulu..? ‘bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi,…dst.  Lagu yang memuat 2 hal, yakni himbauan untuk mandi  abis bangun tidur, atau bercerita soal gaya hidup si-pencipta lagu yang doyan banget mandi and gosok gigi.

Padahal, kan ngga semua orang doyan langsung mandi dan sikat gigi setelah bangun tidur.  Ada koq yang pas bangun tidur langsung ngitung duit, olah raga, minum aer panas & makan cemilan, atau malah langsung berangkat kerja lantaran slalu bangun terlambat.

Gue malah kenal beberapa orang yang begitu mbuka mata justru langsung nenggak minuman keras.

Kenapa gue terkesan mbuang-mbuang waktu nyorotin hal sepele macem ginian…?  Hehe..Cuma iseng.  Makanya gue ngga menitik beratkan pada soal dengan siapa, ato di mana loe tidur.  Coz ntar paparannya jadi panjang.  Kan ngga sedikit orang yang pas mbuka mata dari tidur, sosok di sebelahnya ganti-ganti melulu.  Bgitu juga dengan soal tempat.  Karena ngga sedikit orang yang pas mbuka mata hari Senin di hotel Dubai, Selasa di Lyon, Prancis, ato justru gelantungan di tebing tinggi nan curam, lantaran yang bersangkutan adalah pemanjat tebing.

Mungkin loe pernah denger kisah seseorang yang beberapa puluh taon sebelumnya slalu mbuka mata  pagi hari bareng 7 saudaranya di kamar sempit nan pengap, tapi sekrang hamper slalu terbangun di Jet pribadi dengan aroma kopi extra mahal yang disuguhin dayang-dayang cantik nan sexy.

Kalo mau dipikir-pikir, lucu juga ya kalo ternyata aktifitas seseorang sesudah mbuka mata di pagi hari bisa merepresentasikan apa dan siapa orang tsb.  Maksudnya, ada orang yang hidupnya udah diplot sedemikian rupa dengan seabrek jadwal, bahkan sebelum yang bersangkutan naek tempat tidur.  Tapi ngga sedikit yang bahkan ngga tau mau bikin apa setelah mbuka matanya.

Yang ironis, kalau paginya minum kopi di Singapur, makan siang di Prancis, dan makan malam di New York, tapi di masa tuanya harus ia habiskan dari bangun tidur hingga tidur lagi di ruangan pengap berukuran 3 x 3 meter yang disebut penjara, cuma lantaran salah melangkah sesudah bangun tidur.

Masih inget Alm. Mbah Marijan..?  Sosok pria tua ringkih yang begitu loyal pada pengabdiannya akan tanggung jawab sebagai juru kunci gunung Merapi.  Beliau terlelap hingga akhir hidupnya dalam pengabdian.

Ternyata, sehebat-hebatnya seseorang mendapat predikat dalam hidupnya, yang bersangkutan pasti melakukan 2 ritual yang sama dengan siapapun: membuka mata saat terbangun dari tidur di pagi hari, dan menutupnya saat hendak terlelap di malam hari.  Dalam bahasa sederhana gue: Awal dan Akhir.  Yang mbedain masing-masingnya adalah tindakan yang dilakukan pada fase ‘antara’ Awal dan Akhir.

So, bersyukurlah ketika kita masih dikasih kesempatan terbangun dari tidur di pagi hari.  Lakukanlah hal yang baik pada fase ‘antara’ hingga kita terlelap dengan mimpi terindah. 

STOP KEKERASAN DAN PERANG......!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar