Kamis, 13 Maret 2014

UNSRAT, SE’SE’PANGA, DAN CERUTU KUBA

(sekaligus balesan email buat temen gue M.J, bekas pacar spiderman...hehehe)


Waktu oma gue masih hidup, gue pernah heran ketika oma nyuruh orang motongin banyak banget pohon lansa.  Padahal orang Airmadidi tau banget  arti pohon lansa buat kehidupan keluarga. 

Mungkin lantaran liat gue nunjukin kebingungan, oma njelasin kalo yang di potongin bukan pohon lansanya, tapi se’se’panga, lantaran se’se’panga tersebut rupanya menghisap sari-sari makanan dari pohon lansa, makanya pohon lansa ngga berbuah.  Sayangnya, beberapa ranting dan cabang utama pohon lansa juga suka ikut kepotong.

Dan akhirnya gue paham kalo se’se’panga adalah benalu dalam bahasa daerah Sukur, Airmadidi.  Kampong halaman gue dan nenek moyang.

==================================

Beberapa taon lalu gue pernah dikasih cerutu oleh salah satu temen baik gue, lantaran dia tahu gue perokok berat.  Menurutnya dia dikasih 2 biji cerutu asli dari Kuba.  Yang satu dia isep, tapi udah 5 hari ngga abis-abis lantaran ukurannya yang gede dan panjang,  dia ngga tahan baunya katanya.

Lantaran kemasannya yang unik, keren dan ada tulisan Havana Cuba, makanya kemasan cerutu tersebut gue simpen terus sebagai tempat ballpoint sampe sekarang.

Suatu ketika gue ditunjukin gambar  dari facebook temen  salah satu gedung di Unsrat yang lagi kebakar hebat.  Unsrat chaos.  Ah masa sich ?  Yang gue tau cuma Fak. Kedokteran.  Trus gue buka internet buat nyari kejelasan.  Ternyata bener.  Banyak komentar tentang kejadian tersebut.

Benak gue melanglang buana ke masa 25 taon lalu, waktu gue masih jadi salah satu penghuninya.  Tanpa sadar tangan gue megang kemasan bekas cerutu, terus menghayal….(inget loh…menghayal)

Ceritanya gue ada di ruangan yang serba lux di lantai 15 sebuah gedung.  Pake jas, dan dasi sambil melototin laporan yang penuh angka-angka (kartu remi juga banyak angkanya loh…) Hembusan angin  AC yang dingin bikin gue nyeruput kopi panas 3 cangkir.

Pak wartawan yang katanya udah janjian sama bapak udah ada.  Staff cewek gue yang bahenol ngelongok dari pintu yang Cuma dia buka setengah.

Suruh masuk…!!” Gue mbakar cerutu yang udah gue siapin, supaya waktu wawancara keliatan keren dan elegant (kalo ukuran badan gue elephant...hehehe)

Waduh koq nih wartawan kliatan oon sich.  Batin gue yang kadang doyan meng-under estimate orang kambuh lagi waktu ngeliat wartawati yang mukanya berminyak, bedak sama rambutnya awut-awutan, and sekilas dollar membayang di matanya.  Kekagumannya ngeliat ruangan kerja gue yang mewah ngga bisa ditutup-tutupin.  Mulutnya sampe melongo.  Malah masih kliatan butiran jagung bakar di sela-sela giginya.

Kita langsung  sesi tanya jawabnya ya pak  matanya masih jelalatan melototin 4 biji BB and 3 tablet yang sengaja gue biarin berserakan di meja.

Wartawati    : apa benar bapak lulusan Unsrat ?

Gue             : benar.

Wartawati    : kenapa bapak milih Unsrat ?

Gue             : karena tembusnya di Unsrat

Wartawati    : apa bapak milih universitas lain selain Unsrat waktu ikut tes dulu ?

Gue             : pilihan pertama Unibraw

Wartawati    : kenapa ngga di Unibraw pak ?

Gue             : karena gue ngga lulus

Wartawati    : berarti terpaksa dong kuliah di Unsrat

Gue             : terpaksa gimana sih, kan Unsrat pilihan saya juga

Wartawati    : apakah bapak bangga sebagai almamater Unsrat ?

Gue             : ya jelas bangga dong

Wartawati    : paling bapak bangga lantaran sekarang sukses.  Tapi kalo gagal, mungkin aja bapak ngga bangga.  Sebenarnya apa sich yang bapak banggain dari Unsrat ?

Gue             : gue rasa ngga ada hubungannya deh antara kebanggan gue ke almamater sama kesuksesan.  Karena sukses itu  relatif, tergantung  dari sudut mana orang melihat kesuksesan.  Kebanggan gue ke almamater mungkin soal filosophis dan historis.  Karena selain dari sono gue pertama mengenal bahwa hidup kita juga harus memperhatikan hidup orang lain, di sono juga gue dipertemukan Yang Maha Kuasa sama bekas pacar yang sekarang udah memberi gue dua bunga terindah, Edelweis dan Sakura, putri-putri gue.

Wartawati    : apa maksudnya almamater ngga ada hubungannya sama
                      kesuksesan ?

Gue             : buat gue sukses itu kalo kita udah bikin hidup banyak orang lebih berarti.  Tapi bisa laen buat mereka yang mengukur kesuksesan dari harta kekayaan atau kekuasaan.

Wartawati    : ah kan emang kesuksesan itu semata soal harta kekayaan dan kekuasaan.  Itu kan bahasa dunia pak.

Gue             : kalo gitu Marthin Luther King Jr, ato Nelson Mandela para pecundang dong ?

Wartawati    : itu kasus lain dong

Gue             : loh kan kita mbahas kesuksesan

Wartawati    : ok, tapi harusnya kan kebanggaan bapak ke almamater karena Unsrat udah menuntun bapak ke tangga yang bapak capai sekarang

Gue             : ngga gitu juga.  Karena menurut gue, ibarat mau bertualang, unsrat menunjukan 35%  peta jalan’.  Sisanya gue usahin sendiri.  Gue yang  akhirnya menyelesaikan peta akhir perjalanan petualangan gue, atau peta karier pribadi gue.  Itu sebabnya ngga sedikit orang  yang akhirnya menempuh jalan yang sama sekali beda sama bidang ilmu yang pernah digelutin.  Sarjana sosial politik kerja di Bank,  Sarjana pertanian jadi kontraktor alat-alat berat, dsb.  Keliatannya emang belajar dari nol.  Tapi sebenarnya ngga, karena mereka punya bekal  35%  peta jalan  yang mereka dapet waktu menimba ilmu di Unsrat.

Itu sebabnya gue bilang kalo kebanggaan gue ke almamater adalah persoalan filosofis dan historis.     

Wartawati    : bapak sudah tau apa yang terjadi di Unsrat saat ini ?

Gue             : tau dikit…..

Wartawati    : apakah bapak masih bangga sebagai almamaternya ?

Gue             : maksudnya ?

Wartawati    : yah kan mahasiswa Unsrat telah melakukan tindakan anarkis yang boleh di bilang bukan hanya telah mempermalukan civitas akademika, bahkan juga dunia pendidikan Sulawesi Utara.

Gue             : siapa yang bilang begitu ?

Wartawati    : opini umum pak

Gue:            : opini umum ato opini kamu ? 

Wartawati    : umum banyak yang berpendapat begitu koq pak, bukan saya aja.

Gue             : sekarang gue balik tanya.

Wartawati    : boleh pak

Gue             : kalo ada sebuah jalan yang udah dilewatin begitu banyak orang hingga ke seberang, apakah lantas jalan itu jadi salah kalo kamu melihat sekumpulan orang yang terhuyung-huyung dan terputar-putar di jalan yang sama ?

Wartawati    : ya engga dong.

Gue             : kamu udah jawab sendiri pertanyaan soal kebanggaan.


Wartawati    : tapi ngga harus anarkis dan merusak fasilitas umum dong.  Kan
                      bisa bicara baik-baik.  Apalagi ini para intelektual.

Gue             : kerusakan fasilitas umum itu cuma dampak.  Bukan dampaknya dong yang jadi focus utama.  Selidiki baik-baik penyebab utamanya.  Karena ngga ada asap kalo ngga ada api. 

Wartawati    : jadi bapak setuju dong dengan tindakan anarkis ?

Gue             : saya benci anarkis.  Tapi kan saya bilang itu dampak.  Kalo misalnya kamu menebangi benalu yang tumbuh di pohon lansa, kan sangat mungkin terjadi  kalo ada bagian, ato ranting pohon lansa yang ikut kepotong.  Masalahnya, benalu itu udah tumbuh dan harus dipangkas supaya pohon lansanya ngga mati dan bisa berbuah.   

Wartawati    : tapi kan itu fasilitas negara pak

Gue             : Marthin Luther King Jr melakukan demo anti kekerasan saat menuntut persamaan hak.  Toh tetap aja ada begitu banyak fasilitas umum yang hancur dan terbakar.  Itu di luar kendalinya, dan bukan itu yang diharapakan.  Tapi beberapa tahun kemudian tuntutan persamaan hak yang disuarakannya mencapai hasil manis.  Bahkan beberapa puluh tahun kemudian mayoritas rakyat penentang kulit berwarna itu menjadikan Obama yang ber-kulit hitam sebagai pemipin tertinggi di negaranya.  Kerusakan fasilitas umum adalah salah satu "biaya tak terduga" yang pernah dipakai untuk mendapatkan semua itu.

Wartawati    : bapak percaya kalau tidak semua orang dalam penjara adalah orang
                      jahat ?

Gue             : percaya

Wartawati    : berarti bapak juga percaya kalau pihak yang ‘dilengeserkan’ belum tentu bersalah dan mahasiswa yang melengserkan belum tentu benar ?

Gue             : woow...woow...ente ngga bisa mensepadankan orang dalam penjara dengan kasus Rektor yang di desak mundur mahasiswa Unsrat dong.  Ente secara curang menggiring saya.  Hehehe...saya bukan itik.

Wartawati    : berarti bapak percaya kalo rektor emang salah ?

Gue             : ada 3 poin penting yang merujuk ke arah itu.  Pertama kemurnian perjuangan mahasiswa.  Gue masih percaya mereka murni, semurni ketika mereka mendesak bung Karno untuk mendeklarasikan kemerdekaan th 1945, dan ketika mereka mereformasi negara ini pd Mei 1998.  Ketika para mahasiswa bergerak dalam jumlah besar guna menuntut mundur Rektor, mereka ngga punya kepentingan lain selain memberantas benalu yang bakal membuat Unsrat kerdil dan tidak berbuah.  Toh mereka tidak berusaha menghancurkan oknumnya, melainkan roh-roh sesat yang membuat sang oknum mengambil kebijakan yang tidak baik untuk umum, yang menyimpang dari semangat ‘Sitou Tumou Tumou Tou’  Kedua, pemberhentian oleh Mentri Pendidikan.  Sebagai Hakim, tentunya mereka sudah mendengar keputusan juri tentang kasus tersebut, dan sudah menyelidikinya secara seksama.  Ketiga, walau sakit hati dan terpaksa menerima keputusan pemberhentian,  mengindikasikan kalau rektor sadar bahwa dia emang salah.  Gugatan balik cuma bakal jadi bumerang buat dirinya sendiri.  

Wartawati    : Jangan-jangan mahasiswa ditunggangi pak.  Misalnya sama oknum yang punya interest pribadi sama rektor ?

Gue             : Itu sama aja anda menganggap mahasiswa cuma boneka.  Lalu buat apa kita dengang-dengungkan bahwa pemuda adalah tulang punggung bangsa.  Memang tidak dipungkiri ada segelintir mahasiswa 'bayaran' tapi sejarah telah membuktikan bahwa pemuda, pelajar dan mahasiswa-lah garda terdepan bangsa yang senantiasa setia mengawal kemerdekaan. Dalam banyak hal, mereka senantiasa mengedepankan kepentingan umum ketimbang dompet pribadi.  Idealisme banyak anak muda bangsa yang tidak mudah tergadaikan oleh rupa-rupa angin godaan dan pencobaan.

Wartawati          : terakhir pak, bagaimana kalau bapak dicalonkan jadi rektor ?

========================

Pak,..pak bangun pak, kantor udah mau di kunci.  Waduh,...koq bapak iler-nya banyak amat...iihhh” Seorang OB nggoyang-nggoyang bahu gue.

Sialan,..gara-gara menghayal gue malah ketiduran di kursi panjang tempat suplier ikan nagih pembayaran ikan.  

Jadi pengen ngisep cerutu lagi nich....

2 komentar:

  1. Saya tetap tidak setuju dengan tindakan merusak fasilitas pendidikan Bin .. katanya mahasiswa .. kalau demo kan bisa berorasi ..bersuara ..menyampaikan aspirasi. Kalau memang ada dugaan Rektor melakukan kesalahan .. ya disuarakan lah .. diusut dong. Jangan cuma bisa berprasangka, melempar issue / desas desus dan provokasi . Nah saya tidak tahu apa mereka sempat berorasi atau langsung melakukan tindakan anarkis .. Otot lebih dulu dipakai ketimbang otak ..
    Salam kompak ..

    Tulisan yg menarik bin .. cuma menambahkan dari sudut pandang ane yg mungkin agak sempit dan kurang info ..heheh

    RAK

    BalasHapus
  2. tx my prenk. ini negara demokrasi sob. Tiap orang bebas aja dong berpendapat. Emang prinsipnya gw juga benci anarkis. cuman sama ama yg gw tulis, bhw dlm banyak reform, rusaknya fasilitas umum adalah dampak, atau "biaya tak terduga" yang sering tak terhindarkan. Kalo gue ikutin, sebenarnya apa yg terakhir terjadi di Unsrat adalah klimaks dari yg sering kita sebut "api dalam sekam". Mahasiswa dan dosen udah mengumpulkan banyak bukti penyimpangan, udah menyuarakannya secara terbuka juga, tapi kurang dapet respon serius. dan,...duarrr...meledak. Keputusan mendiknas mengambil langkah2 strategis dilansir krn refernsi dari bukti2 tadi. gicu...

    BalasHapus