Kamis, 29 November 2012

KOIN RECEH DAN PERMEN


Buat gue, uang koin receh kadang nyebelin lantaran ngga nyaman di dompet, tapi kadang dibutuhin banget.  Pernah satu kali gue ke supermarket buat nyari sesuatu.  Tapi ngga dapet.  Pas keluar, gue harus mbayar parkir motor.  Alamak, duit gue 1 lembar 100 ribuan.  Tukang parkir ngga punya kembalian.  Ngga ngasih kasian.  Mau bilang makasih, gue malu lantaran motor gue masih baru.  Nah, waktu itu gue nyesel banget ngga punya koin recehan.  Terpaksa gue balik lagi masuk supermarket buat beli yang gue kaga butuh supaya 100 ribuan ketuker.

Cuma lantaran situasi begitu terhitung jarang, jadi gue putusin buat ngasih semua koin recehan gue ke putri tertua gue, Edelweis, untuk diisi di celengan kalengnya.  Dari hari ke hari, dan gue cuekin semua pemberian tersebut.

Suatu hari sepulang kerja, Edelweis minta tolong gue buat beli sesuatu untuk keperluan praktek sekolahnya.  Gue liat doski lagi mbungkus-mbungkus koin recehan.  Astaga, gue kaget juga liat tumpukan koin recehan yang lagi di bungkusin.  120 ribu pa..!” katanya acuh tak acuh.

Gue ke supermarket sambil nenteng koin recehan.  Beli keperluan anak gue, terus ke kasir.  Cewek manis yang asyik sama mesin itung melongo ngeliat koin recehan yang gue taroh di mejanya.  Trus dia nengok ke gue, mandang dengan tatapan yang gue sendiri ngga ngerti.  Mungkin dikiranya gue pengemis yang mbalanjain hasil meminta-minta kali.  Hehehe,...cius,..miyapa ?

Bikin lama aja nich om.  Nyanda ada doi laeng so (ngga ada uang lain) ?” Dengan muka yang keliatan sedikit kesel.

Waktu ngelirik orang-orang yang antri di belakang gue, mereka pura-pura ngga liat.  Gue senyum.

Gue udah berapa kali belanja di sini dikasih permen lantaran kalian ngga punya receh sebagai kembalian.  Tapi gue ngga protes.”  Gue ngambil belanjaan gue sambil senyum ke kasir yang mukanya tambah di bengkakin seolah baru nelen tangki minyak.

Masalah kecil.  Gue ngga doyan ribut lantaran masalah yang ngga masuk ke otak gue.  Makanya gue cuma senyum waktu dikasih permen sebagai pengganti uang kembalian.  Tapi toh gue kesel juga waktu uang gue,- koin recehan hasil tabungan putri gue-, yang masih resmi sebagai alat bayar justru dipersoalkan.

Kehidupan di sekitar kita juga ngga jarang begitu.  Mempersoalkan sesuatu yang ngga perlu, tapi mengecilkan  sesuatu yang sebenarnya masalah besar.  Ngga tau juga, apakah kita yang terkadang begitu tololnya memilah mana yang bukan masalah, dan mana masalah besar. 

Koin receh dan permen,....hehehe....itu sich masalah kecil.  Tapi kan ngga jarang tawuran massal yang menyebabkan nyawa melayang justru di sebabkan koin receh, ato permen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar